Tutorial Menginstal Wordpress

Menginstal Wordpress
Pada artikel berikut ini, Kami akan membahas tutorial bagaimana cara menginstal wordpress di localhost menggunakan XAMPP. Untuk bisa menginstal wordpress maka anda perlu menginstal XAMPP untuk web server localhostnya.

Setelah anda selesai menginstal XAMPP, maka selanjutnya anda bisa melakukan aktivasi pada service database dan apache agar localhost pada komputer anda bisa berjalan. Setelah itu anda bisa mengikuti instruksi di bawah ini:

1. Mendownload Wordpress

1-download

Hal yang pertama dilakukan untuk melakukan instalasi wordpress pada localhost adalah mengunduh wordpress di wordpress.org . Kemudian setelah proses downloading selesai anda akan mendapatkan file wordpress-version_number.tar yang mana akan anda ekstrak ke dalam folder htdocs.

2. Jangan Lupa Mengaktifkan XAMPP

2-xampp

Sebelum melakukan instalasi wordpress pada localhost jangan lupa untuk mengaktifkan web server xampp pada sistem operasi yang anda gunakan. Web server digunakan untuk melakukan proses online pada stand-alone komputer yang berarti bahwa anda online di komputer anda sendiri tanpa internet. Dengan web server ini aplikasi wordpress anda dijalankan.

3. Melakukan Eksrasi File wordpress.tar Ke Folder C:\xampp\htdocs

3-lokasi

Setelah mendapatkan file master wordpress-version.tar dari wordpress.org maka anda bisa memulai untuk melakukan ekstraksi file wordpress-version.tar ke folder C:\xampp\htdocs. Perlu diperhatikan bahwa file tersebut harus dimasukan ke dalam folder C:\xampp\htdocs agar bisa terbaca oleh web server XAMPP.

4. Mengaktifkan Wordpress dan Pemilihan Bahasa

4-english Setelah melakukan ekstrasi pada file master wordpress-version.tar anda dapat membuka wordpress pada browser dengan menggunakan alamat http://localhost. Pada halaman akan muncul menu pemilihan bahasa. Silahkan memilih english untuk bahasa inggris atau anda bisa memilih Indonesia untuk bahasa Indonesia. Untuk tutorial ini kami menggunakan bahasa inggris.

5. Requirement Wordpress

5-lets-go Setelah melakukan pemilihan bahasa, anda akan dialihkan pada halaman requirement. Di halaman ini anda akan mendapatkan penjelasan mengenei kebutuhan apa saja yang dibutuhkan untuk menginstal wordpress di localhost. Dan menurut gambar di atas, yang anda butuhkan adalah database kemudian juga username dan password untuk mengakses database tersebut.

6. Set Up Koneksi Database

5-set-up Pada halaman berikutnya anda akan melakukan pengaturan pada koneksi database. Namun sebelumnya pastikan anda sudah membuat database pada sistem webserver anda. Jika belum anda bisa membuat database dengan mengunjungi http://localhost/phpmyadmin. 6-buat-database Pada halaman tersebut anda bisa membuat database dengan memberi naman sesuai dengan nama database yang diinginkan dan menekan tombol create.

Kembali lagi pada pengaturan koneksi database, kemudian anda bisa memasukan username dan password database pada database di server anda. Jika sudah tersetting, anda bisa tekan submit.

7. Proses Instalasi Utama dan Pengaturan

7-run-instalation Pada proses inilah wordpress akan benar-benar diinstal secara total oleh sistem webserver. Namun tenang saja, caranya tidak susah kok. Anda tinggal klik tombol “Run the Installation” pada halaman setelah pengaturan koneksi pada database.

8-set-up-tes Setelah proses instalasi utama selesai anda diharuskan untuk memberi pengaturan awal pada website. Anda harus memasukan Site Title, Username, Password-Username dan Email. Jangan lupa untuk tekan tombol “Install Wordpress”.

8. Selesai

9-succed Jika anda sudah selesai melakukan instalasi wordpress pada localhost di sistem web-server anda, maka anda bisa menuju pada dashboard dan memulai untuk build-up website anda.