SEBENARNYA APA SIH PERBEDAAN ANTARA AMP DAN MOBILE FRIENDLY?

Pengguna Google selalu dimanjakan oleh google, karena Google sangat berfokus untuk mengutamkan kenyamanan penggunanya. Pengalaman pengguna dimulai pada saat pertama kali membuka halaman sebuahh situs.

Pada beberapa negara akses internet cukup baik, kecepatan internet tidak menjadi masalah, untuk beban waktu memuat halaman tergantung daro teknik desain halama dan pengembangan. Jika sebuah web di muat terllau lama, maka pemilik web otomatis akan kehilangan pembaca/ pembeli dan kesempatan untuk meperoleh pendapatan dari situs akan kecil.

Google telah memperkenalkan label Mobile Friendly untuk hasil pencarian pada mobile/tablet. Mobile Friendly ditambahkan ke situs untuk menjamin pengalaman mobile yang baik dan responsif. Tetapi baru-baru ini Google telah mengahapus Mobile Friendly, alasannya adalah 85% dari semua halaman dalam hasil pencarian mobile ternyata sekarang sudah memenuhi kriteria label seluler.

Perkembangan terbaru Google saat ini untuk meningkatkan hasil pencarian mobile dan pengalaman pengguna mobile adalah Accelerated Pages Mobile (AMP) Project,AMP merupakan inisiatif open source oleh google dan twitter untuk mewujudkan visi dari penerbit yang dapat membuat konten menjadi lebih optimal. AMP adalah inovasi baru untuk membangun halaman web dengan konten statis agar bisa dimuat menjadi lebih cepat.

Perbedaan antara Mobile Friendly dan AMP

Apa itu Mobile-Friendly?

Mobile Friendly merupakan halaman dengan Desain Web Responsif (RWD). RWD yaitu pendekatan desain web bertujuan untuk menyusun situs agar memberikan tampilan yang optimal di berbagai macam perangkat baik itu komputer desktop, tablet maupun mobile.

Ketika kita membuka web dari semua perangkat tersebut maka secara otomatis tampilan akan menyesuaikan dengan layar perangkat, tanpa terpotong dan harus melakukan zoom maupun scroll hanya untuk melihat seluruh konten halaman.

Apa itu Accelarated Mobile Pages (AMP)?

AMP atau Accelarated Mobile Pages adalah sebuah inisiatif open source oleh Google diluncurkan pada bulan Oktober 2015. AMP adalah halaman super ringan yang dirancang untuk memuat secara cepat pada sebuah perangkat mobile.

Hadirnya AMP akan memperkaya konten video, animasi, grafis yang dapat dimuat di halam website dalam seketika. Harapanya dengan kode yang sama maka dapat bekerja di semua platform atau perangkat mobile yang digunakan. Proyek ini bergantuk dengan HTML AMP, framework open source terbaru yang dibangun dari teknologi web yang ada, memungkinkan website untuk membangun halaman web yang ringan.

Bagaimana Cara Membuat Website Menjadi Mobile-Friendly?

Cara Membuat Website Menjadi Mobile-Friendlydengan menambahkan Media Query. Media query berperan penting dalam pengembangan Responsive Web Design sehingga bisa menjadi mobile friendly. Media Query merupakan pengembangan teknik CSS3 yang secara otomatis akan merubah tampilan menjadi sesuai dengan perangkat yang digunakan tanpa harus merubah konten itu sendiri. Media Query memungkinkan halaman web untuk menggunakan aturan style CSS yang berbeda berdasarkan pada fitur seperti lebar, tinggi, dan warna.

Bagaimana Cara Membuat Website Menjadi AMP?

Untuk mengubah website menjadi AMP ini bisa mengikuti aturan petunjuk di AMP Project , dan untuk bisa menggunakan AMP desain website juga harus Responsive atau Mobile Friendly mengingat AMP bekerja pada perangkat mobile.

Sejak 21 April 2015 lalu Mobile Friendly menjadi tolok ukur untuk peringkat website di hasil pencarian mobile. Google mulai memperluas penggunaan dari seluler sebagai sinyal peringkat dan Mobile Friendly akan terus tetap menjadi faktor peringkat di pencarian.

Bagaimana Cara Validasi halaman AMP ? Anda dapat mengecek validasi AMP di https://validator.ampproject.org/

Bagaimana Cara Menguji Mobile Friendly ? Anda dapat menguji seberapa mobile-friendly halaman anda di https://testmysite.thinkwithgoogle.com/intl/en-in atau https://search.google.com/search-console/mobile-friendly atau bisa juga https://varvy.com/mobile/

Hosting Unlimited SSD

Sumber CPU dan alokasi memory lebih besar sehingga Anda lebih leluasa mengembangkan bisnis.

Promo Diskon 50%